Cara Nabung yang Paling Ampuh Buat Kamu

    Lebih sering belanja dengan cash atau cashless (kartu/transfer/e-wallet)?

    cyfrowaekonomia.pl

    Seberapa sering kamu jalan - jalan atau shopping?

    boundless.co.uk

    Ada app baru buat belanja nih, lumayan bisa dapet cashback. Install ga ya??

    creditcards.com

    PAYDAY PROMO! Cashback di atas 49%, yay or nay?

    cdn.studentloanhero.com

    Kalo mau jujur, yang menggambarkan keuangan kamu saat ini:

    Transportasi sehari - hari kamu tu:

    statik.tempo.co

    Yeahhh, bonus hari raya dah dibagiin, enaknya diapain yaa:

    Produk yang kamu tunggu - tunggu akhirnya keluar juga di toko! Gimana nih gimana?

    Cara Nabung yang Paling Ampuh Buat Kamu
    Sebarin duit kamu

    Buat kamu yang gatel klo liat duit nganggur tapi males oleh keribetan bank, cara ini cocok banget nih. Intinya: buat cash kamu sulit kelihatan sama kamu. Simpan di tempat yang aman yang bisa kamu buka sewaktu - waktu. Hindari bawa banyak cash dalam dompet. Kalau kamu mau bawa untuk jaga - jaga untuk keperluan mendadak, simpan di tempat lain, kantong dalam tas atau dalam selipkan di buku. Intinya, jangan sampai kamu lihat cash numpuk yang bisa menggoyahkan iman.
    Tabung otomatis

    Buat kamu yang dah cukup stabil pendapatannya, kamu bisa pertimbangkan untuk membuat akun bank khusus untuk menabung. Atur bank kamu untuk autodebet ke akun nabung kamu tiap awal bulan untuk menghindari efek khilaf di hari gajian. Kamu bisa lihat blog GD tentang jenis-jenis tabungan sebagai referensinya. Tapi kalau kamu cukup punya disiplin diri, cukup beli celengan untuk langsung kamu isi begitu gajian. Bila perlu, tempel foto bapakmu di depan celengan supaya ada pengingat klo mau bongkar celengan.
    Tambah penghasilan

    Sebetulnya kamu dah cukup irit, tapi cilakanya, pendapatan kamu gak sebanding dengan kebutuhan kamu sehari - hari nih. Jika kamu memang masih galau kalau cari kerjaan baru, coba cari pendapatan tambahan dengan kerja sambilan / freelance di sela - sela pekerjaan utamamu. Kalau waktu kamu terbatas, kamu bisa jual barang - barang bekas kamu yang masih bisa dipakai di toko online. Selain beresin rumah dari barang gak terpakai, jadi duit pula! Yasss~
    Butuh Teman Curhat

    Kalau kamu sulit mengendalikan diri untuk jajan sembarangan kalau lagi emosi atau stress, yang kamu butuhkan tentu kegiatan lain supaya gak bablas. Curhatlah dari hati ke hati sama teman kamu, atau temukan hobi irit yang bisa mengalihkan duniamu dari pemborosan selama ini. Selain lebih hemat, lebih sehat juga untuk mengobati hati yang terluka ... Eh, jadi baper...
    Mulai investasi

    Wah, kayaknya kamu dah cukup ahli nih dalam nabung. Kamu punya kendali diri yang oke dan tabungan kamu stabil. Tinggal dikembangin aja jadi investasi supaya kamu ada pendapatan tambahan dari tabungan kamu (wuihhh). Misalkan, kamu bisa investasi emas yang harganya cukup stabil dan bisa jadi nilainya lebih tinggi saat kamu jual nanti waktu dibutuhkan. Nahh, nantikan blog get diskon tentang investasi yah!
    Tabung nominal tertentu

    Buat kamu yang suka belanja dengan cash, cara ini efektif banget! Selain tabung recehan, coba deh tentuin 1 nominal uang kertas untuk kamu tabung (1k, 2k, 5k, 10k, 50k atau 100K), kalau bisa kembalian yang sering kamu dapetin abis belanja. Otomatis, kalau kamu dapat uang nominal itu dah ga boleh kamu jajanin lagi, langsung ke celengan!

    Share your Results:

    Comments

    comments