Perubahan yang terjadi di Indonesia sejak bulan Maret tahun ini telah memberikan dampak besar bagi sebagian penduduk di dunia. Perubahan ini disebabkan oleh Covid-19, virus berjenis Corona yang berkembang secara global sejak akhir tahun 2019. Hal ini berpengaruh pada tingkat produktivitas baik dari karyawan maupun pengusaha, salah satunya pemecatan karyawan secara besar-besaran agar perusahaan dapat bertahan selama pandemi Covid-19 ini. Untuk memutus rantai penyebaran virus ini, pemerintah membatasi ruang gerak untuk bekerja dengan physical distancing, sehingga semua aktivitas harus dilakukan dari rumah. Dengan adanya pembatasan tersebut, kita dapat menciptakan ide-ide inovatif yang bisa dilakukan selama di rumah aja. Ternyata, kita tetap bisa bergerak meskipun ruang gerak terbatas loh. Kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan untuk bertahan dan memenuhi kebutuhan maupun tagihan cicilan kamu. Kira-kira apa saja yah yang bisa dilakukan selama physical distancing di rumah aja?

1. Berjualan Makanan Rumahan

Memulai usaha makanan rumahan merupakan salah satu ide yang bisa kamu kembangkan selama di rumah aja nih. Kamu bisa memulai dengan menu yang sedang trending seperti menjual dessert-box atau rice bowl. Berjualan makanan rumahan tidak selalu membutuhkan skill chef restoran juga loh, ada banyak resep simple yang bisa kamu coba untuk menambah penghasilan kamu. Selain itu, orang-orang akan lebih sering order makanan secara online karena pembatasan ruang gerak yang sedang dilakukan saat ini. Jenis usaha homemade food dari @laukinaja bisa jadi inspirasi kamu nih!

sumber: @laukinaja

2. Barang Bekas Menumpuk? Jual Saja!

Remaja Pasar Senen pasti udah nggak asing lagi nih sama thrift. Thrift sebenarnya mirip dengan preloved atau baju bekas yang sudah tidak terpakai, tapi dengan kondisi dan kualitas yang bagus. Bisnis ini bisa kamu jalanin loh! Kamu bisa mulai dengan sorting baju-baju kamu yang tidak terpakai, lalu jual dengan harga yang pastinya affordable! Usaha ini salah satunya dijalankan oleh @thekaika sejak dirumahkan karena pandemi ini. Menurut mereka, walaupun di rumah, harus tetap produktif. Selain menjual thrift stuff, mereka juga bikin tie dye kaos yang lagi trending juga nih! Selain harganya yang bersahabat, kualitas nya juga terjamin.

sumber: @thekaika

3. Buka Jasa Desain untuk Instagram Jualan!

Di tengah pandemi ini akan banyak bisnis online yang bermunculan. Pas banget buat kamu yang punya keahlian menggambar untuk mendapatkan penghasilan tambahan nih. Kamu bisa mulai membantu mengembangkan social media klien dengan tema menarik yang akan meningkatkan penjualan melalui desain feed social media mereka. Selain itu, kamu juga bisa nambahin portfolio yang bisa dijadikan referensi untuk pekerjaan mendatang. Buat kamu yang bingung gimana cara dapetin klien, kamu juga bisa cari di Upwork atau Freelancer. Hal ini yang dilakukan oleh @mnrworks selama masa pandemi ini. Dia menyediakan jasa ilustrasi dan Instagram layout yang bisa kamu coba!

Baca Juga: Tips Mengatur Keuangan Pribadi

sumber: @mnrworkd

4.Menjual Masker Kekinian yang Menarik!

Pemerintah mewajibkan semua masyarakat menggunakan masker, hal itu menjadi protokol kesehatan yang harus diikuti di mana pun kamu berada. Nah, karena sekarang masker udah jadi salah satu outfit wajib kita saat bepergian, pasti kalian nggak pengen masker yang itu-itu aja kan? Kamu bisa mulai usaha masker dengan harga yang murah dan tetap memperhatikan standar masker yang pas buat dipakai. Selain nambah penghasilan, kamu juga berpartisipasi membantu pemerintah untuk mengkampanyekan penggunaan masker loh. Usaha ini juga yang dijalankan oleh @tiedyemask.id, mereka menjual masker dengan konsep tie dye warna warni yang cantik dan tidak membosankan.

source:@tiedyemask.id

5. Bunga Kering untuk Dekorasi Ruangan Barumu

Karena selama pandemi ini kita akan menghabiskan banyak waktu di rumah, sebisa mungkin kita ingin merasa nyaman dan tidak bosan melihat ruangan yang kita tempati. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis untuk menambah penghasilan kalian nih! Bisa dimulai dengan menjual berbagai perabotan dekorasi untuk mempercantik ruangan kalian. Pasti banyak di antara kalian yang mendekorasi ulang kamar tidur bukan? Nah, ide usaha @rekacipta.kecil bisa jadi inspirasi buat kalian yang baru mau mulai nih. Mereka menjual bunga kering yang bisa dijadikan buat dekorasi ruangan ataupun property buat foto-foto.

source: @ekacipta.kecil

“kita tetap bisa bergerak meskipun ruang gerak terbatas.”

Setelah menyimak lima tips di atas, kira-kira ide bisnis mana yang bisa langsung kalian coba? Tips tersebut juga tidak memerlukan modal yang besar loh. Jadi, selain bisa belajar mengembangkan bisnis kecil-kecilan, kalian juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Menjadi produktif tidak harus selalu di luar rumah. Walaupun ruang gerak terbatas, kalian bisa menjadi produktif dengan melakukan hal-hal positif dari lima tips dan trik di atas.

Artikel oleh Frista Kurniasari

Comments

comments