Zaman sekarang, travel bisa dibilang sudah jadi suatu kebutuhan. Di tengah penat dan jenuhnya hidup sehari – hari, senang rasanya kalau bisa ‘melarikan’ diri untuk sementara ke tempat yang jauh. Tapi, ada kalanya kita ga punya cukup harta (baca: bokek) untuk liburan semacam itu, atau kita lagi punya kebutuhan lain yang lebih urgent. Story of our life, right?

Tapi, ga usah sedih! Ada alternatif yang gak kalah seru: staycation! Istilah plesetan dari kata vacation (liburan) dan stay (tinggal). Dengan kata lain, Liburan yang tinggal di rumah atau daerah tempat tinggalmu. Staycation bisa jadi pengalaman yang berbeda dan berkesan, asal kamu planning supaya maksimal! And.. we will help you with that~

Best holiday at home!

1. SIAPKAN TEMPAT LIBURANMU! Liburan bakal lebih nyaman kalau rumah kamu bersih dan rapi. So, saatnya beberes rumah. Kamu bisa pakai budget lebih untuk sewa cleaning service untuk bersihin rumahmu. Toh, tetap jauh lebih murah dibanding bayar kamar hotel, kan?

2. GANTI SUASANA. Tidak perlu sampai ganti total interior ruangan, cukup hal- hal kecil seperti ganti bunga di vas / ganti taplak meja atau gorden baru untuk buat suasana lebih cerah dan tentunya suasana baru.

3. NO WORK!

source: yeoandyeo.com

Salah satu faktor terpenting dalam liburan adalah : jangan pegang kerjaan! Pastikan kerjaan kamu kudu kelar sebelum masa liburan. Ga mau kan, liburan tapi berasa ga tenang karena masih ada utang kerjaan? Motivasi diri kamu untuk selesaikan kerjaan, and then, you are free to go! Sign out email kantor dari handphone kamu dan setting supaya auto-reply. Pastikan status kamu off duty di grup – grup whatsapp dst.

4. FOOD ADVENTURE. Kamu juga bisa masak dan seru – seruan bareng temen kamu. All you can eat yang biasanya 200ribuan bisa jauh lebih murah, banyak, dan seru sambil nonton bareng temen atau keluarga, right?

5. SAATNYA FOTO -FOTO.

souece: dailymail.co.uk

Yang jarang narsis – narsisan di rumah, now it’s time! Foto dengan pose2 asik yang bisa bikin kamu ngakak di masa depan, atau foto dengan pose yang sama dan baju yang mirip dengan foto kamu waktu masih kecil. Be creative, and have some fun!

6. LOCAL TRAVELING. Kunjungin tempat wisata lokal atau restoran baru yang belum sempat kamu kunjungin, atau sekedar jogging di taman terdekat. Yang penting, keluar dari rutinitas kamu yang biasanya.

7. SPA DAY. Panggil tukang pijit atau luluran dan maskeran di rumah. Serasa selebriti yang ke rumah spa, dengan budget minim deh!

8. BERNOSTALGIA.

source: thenewecologist.com

Liat – liat album foto, atau seru – seruan seperti saat kamu masih kecil. Misalnya main air di kolam kecil, atau pura – pura kemping di halaman atau di dalam kamar!

9. SERASA NGINAP DI HOTEL. Coba deh tidur di kamar yang bukan kamar tidur kamu. Entah kamar tamu atau gelar kasur di ruang keluarga. Suasana baru dan asyik yang bikin kamu serasa nginap di luar, pasti beda!

Yayyy~ Sekarang kamu ga perlu bete kalau tinggal di rumah semasa liburan. Sebaliknya, bikin jadi seru dan ga kalah sama jalan – jalan ke luar negeri. Enjoy your simple yet great staycation!

Comments

comments