source: joann.com

Mengurus keuangan itu selalu bikin pusing ‘tul? Di sekolah atau kuliah mungkin ada pelajaran akutansi, tapi banyak di antara kita yang totally clueless mengatur keuangan sendiri saat memasuki dunia nyata. Nah, Get Diskon punya beberapa tips mudah untuk kamu memulai mengatur keuangan kamu dengan baik. Kuy disimak!

Buat kamu yang mau keep update tips – tips saveduit terbaru kita, cek aja di IG kita di story highllight: Saving Tips !

Menabung Itu Bukan Natur Alami Kita

Kebanyakan dari kita lebih suka jajan daripada nabung – setuju? Apalagi di zaman sekarang, teknologi bikin belanja jadi super praktis dan cepat. Makanya, kita kudu memaksakan diri menabung sedini mungkin, agar terbiasa menabung untuk keperluan kita di kemudian hari. Tidak hanya itu, keuangan pribadi yang baik juga membuktikan kalau kita orang yang bertanggung jawab dan bisa dipercaya, yang pastinya bakal berguna di lingkungan kerja, maupun di kehidupan sehari – hari.

Simple Tips for You

Berikut beberapa tips sederhana untuk kamu yang ingin mulai mengatur keuangan:

1. Tahu ke mana saja uang kamu pergi. Biasakan mencatat pengeluaran kamu per harinya. Simpan bon dari setiap pembelian yang kamu lakukan untuk ditotal di akhir bulan. Bahkan yang sepele seperti jajan di warung dicatat juga yah. Jangan – jangan pengeluaran terbesar kamu malah dari jajan – jajan iseng! Dengan begitu, kamu bisa mengawasi pengeluaranmu. Nah, setelah tau kamu keluar berapa per bulan, kamu bisa tahu pengeluaran mana yang perlu dikurangi.

source: memecrunch.com

2. Budgeting. Ga usah ngebayangin perhitungan dan statistik yang ribet! Kamu bisa atur budget kamu hanya dengan membagi – bagi pendapatanmu ke dalam beberapa amplop / toples sesuai kebutuhanmu. Misalkan: 1 amplop menabung, 1 amplop jajan, 1 amplop pulsa/transport, dan seterusnya. Hias secantik mungkin supaya kamu jadi semangat budgeting tiap bulan. Sebisa mungkin sisihkan juga uangmu untuk amal ya. Ingat, memberi itu indah loh ~

3. Hangout hemat. Hindari shopping di mall atau makan ala – ala terlalu sering. Seneng – seneng bareng temen atau kencan berkualitas ga harus selalu keluar uang, tul? Baca: weekend ala happy apa adanya

4. Emergency Savings. Sisihkan uangmu untuk saat – saat darurat atau masa depan yang jauh seperti pensiun. Jangan dipakai kecuali benar – benar perlu (darurat beneran loh, mendadak diajak kencan sama doi ga termasuk). Bijaklah dalam menentukan prioritas, mana yang mendesak, mana yang bisa dipenuhi belakangan.

5. Jaga kesehatan. Kesannya gak nyambung tapi ini penting! Kesehatan fisik & mental adalah harta yang berharga. Perbanyak makan sayur dan buah, jauhi makanan biang penyakit! Memang makanan yang sehat (organik) rada mahal, tapi kalau itung – itung biaya operasi kalau kamu sakit-sakitan pas tua, lebih mahal mana hayo?

6. Keep them out of sight! Bawa uang seperlunya dalam dompetmu. Hindari godaan yang gak perlu, terutama untuk kamu yang punya Kartu ATM & Credit. Jangan sampai kamu terjebak dengan impulse buying!

7. Cari pendapatan tambahan. Kalau mau nabung, pastinya harus ada uang. Jika kamu masih ada waktu luang, cari uang tambahan dengan kerja sambilan. Atau, kamu juga bisa coba jual barang yang sudah tidak terpakai dalam kondisi bagus.

8. Tabungan tambahan. Kadang ada ‘bonus’ tak terduga di luar pendapatan kita yang biasa. Nah, semua pengeluaran tambahan seperti hadiah dari keluarga, warisan, atau hadiah dari lomba kudu langsung ditabung! Hal ini menghindari belanja yang tidak perlu dari ‘rasa puas’ megang uang banyak.

9. Simpan uang kembalian. Jangan remehkan kekuatan uang receh! Meski cuma uang logam 100 atau 500 perak, yang namanya nabung pasti bermanfaat di masa depan. Pernah dengar kan, ada yang sampai bisa beli motor pake recehan? True story, guys!

10. Peringatkan dirimu. Buat kamu yang gatel swipe kartu debit / kredit, tantangannya lebih tricky. Kalau belanja uang tunai mungkin langsung berasa nyeseknya. Kalau debit atau kredit… nyeseknya belakangan. Untuk mencegah hal itu, tempel memo pengingat di kartu kamu seperti kata – kata : ‘yakin nih?’ Atau ‘jangan ngutang woi’ yang bisa bikin kamu mikir 2 kali sebelum pakai kartu kamu.

Advance Tips for You

Buat kamu yang sudah mau mencapai next level, coba tips – tips ini!

1. Buat rekening baru khusus tabungan. Kalau bisa, buat rekening ini bisa auto debet dari rekening utama kamu. Terutama buat kamu yang gatelan belanja pakai kartu debit. Atur auto debet di awal2 bulan sehingga kamu gak bablas habisin gajimu bahkan sebelum ada yang bisa ditabung.

2. Target jangka waktu yang pendek, untuk hasil jangka panjang. Alih – alih pasang target tinggi: sebulan sejuta! Target nabung yang kecil bisa buat nabung terasa jauh lebih gampang. Selain itu, berhasil menabung sesuai target, walau kecil nominalnya, dapat memotivasi kamu untuk menabung lebih giat. Misalkan, dalam seminggu minimal Rp.20.000. Dalam setahun, kamu akan punya tabungan minimal Rp. 1.040.000. Bayangin kalau kamu nabung dari sekarang untuk digunakan 30 tahun kemudian buat pensiun. Bukan cuma bukit, udah jadi gunung!

3. Jajan sekian = Nabung sekian. Buat kamu yang gatelan jajan, coba trik yang satu ini. Setiap kali kamu mau jajan, bayangin kamu harus tabung uang dengan jumlah yang sama setelahnya. Misalkan kamu mau jajan kopi 50.000, tapi di dompet kamu cuma punya 70.000 (yang berarti kamu cuma bisa nabung 20.000 setelahnya), lebih baik jangan jajan dulu!

4. Bikin jajan berasa. Buat yang dah kerja, coba trik ini. Hitung harga barang yang mau kamu beli dan bandingkan dengan gaji kamu per jam. Misalkan pendapatan kamu per jam Rp. 20.000 terus kamu mau pergi makan cantyk seharga 100.000. Nah, coba pikir – pikir. Apa makanan sekali makan itu sepadan sama 5 jam kerja banting tulang kamu?

5. Rencanakan hadiahmu. Untuk kamu yang suka memberi hadiah ulang tahun (awww, so sweett) apalagi kenalan kamu banyak, gak ada salahnya untuk planning jauh – jauh hari hadiah apa yang mau kamu kasih. dengan begitu, kamu tidak terburu – buru dan bisa memilih hadiah lebih bijak. Ingat : hadiah yang bermakna gak harus mahal, yang penting ketulusan hati dan kamu bener – bener memikirkan apa yang dia suka.

source: pinterest

Ga gampang, tapi ga mustahil untuk dilakukan

Mengatur keuangan secara rutin dan mengendalikan keinginan untuk berbelanja mungkin sulit bagi banyak orang. Tapi jika dilatih dan tetap fokus pada tujuan, kamu pasti bisa. Jangan lupa, buah usaha kamu nanti bisa kamu nikmati pada akhirnya. Kamu gak harus lulus universitas bisnis bergengsi untuk bisa mengatur keuangan dengan baik. Yang penting kamu berusaha untuk konsisten melakukannya. Have a succesfull year, sobat GD!

Comments

comments