Setiap tahun tanggal 1 Mei, kita merayakan Hari Buruh Internasional atau International Workers Day. Bagi yang belum bekerja, mungkin hari ini seperti hari libur biasa dan saatnya santai di rumah. Tapi untuk yang sudah menjadi pekerja, apa sih makna hari yang didedikasi bagi para buruh ini?

Hari Buruh ‘Tuh, Apaan Sih?

Setiap tanggal 1 Mei, seluruh dunia memperingati hari buruh yang dikenal dengan nama beken May Day ini. Hari buruh berawal dari gerakan para buruh di Chicago tahun 1800-an karena jam kerja & tekanan yang begitu berat bagi para buruh. Insiden tersebut memakan beberapa korban nyawa untuk memperjuangkan hak para buruh untuk mendapatkan hidup yang lebih layak. Sejak saat itu, tanggal 1 Mei diperingati menjadi hari buruh internasional.

source: badungkab.go.id

Selain menjadi hari libur internasional, May Day juga digunakan untuk menyalurkan pendapat kaum pekerja lewat unjuk rasa atau protes. Saat ini, May Day telah menjadi hari libur resmi di 66 negara termasuk Indonesia.

Di Indonesia, hari buruh juga diwarnai dengan serikat pekerja yang beramai – ramai turun ke jalan untuk menyampaikan aspirasinya ke pemerintah. Tapi tidak selalu berunjuk rasa, ada juga yang merayakannya dengan kebersamaan para buruh acara olahraga, bedah rumah, dan kegiatan lainnya untuk mengapresiasi untuk para buruh. Maka dari itu di hari mayday, kebanyakan toko akan tutup untuk merayakannya.

Baca juga : Work-Life Balance? Ternyata Ini Rahasianya!

Bersama Lebih Kuat, Bersama Lebih Hemat!

Di hari buruh ini, mungkin kamu akan sulit ketemu toko yang lagi buka. Tapi gak perlu khawatir karena kamu tetep bisa belanja online kok. Lewat Aplikasi Mucho, kamu bisa lebih hemat dengan belanja bareng nih!

Mucho gabungan unik antara E-Commerce & media sosial. Di aplikasi Mucho, kamu bisa ajak teman kamu buat belanja dengan harga dan kualitas yang pas. Dengan motto #AjakTemanLebihHemat, kamu bisa ‘patungan’ membeli produk incaran kamu dengan harga yang lebih murah dengan beli rame – rame!

Dengan fitur ‘Group Buy’, kamu bisa mendapatkan diskon up to 70% loh! Yang namanya belanja rame – rame ke mall sih udah biasa, tapi sekarang di Mucho, kamu bisa belanja online rame – rame juga, lebih hemat pula~

Serunya lagi di Mayday kali ini, tanggal 30 april – 3 Mei 2019 , ada MAYDAY MADNESS – promo hingga 97% yang diikuti oleh lebih dari 80 Ecommerce di Indonesia! Didukung oleh BCA & ACCESSTRADE INDONESIA , ada banyak diskon, Crazy Coupon & Mayday Madness Flash Sale (2&3 Mei) buat kalian semua! Pantengin terus di website Mayday ya!

Apa Kabar, Para Pekerja?

Kesejahteraan pekerja atau kaum buruh memang masih banyak yang perlu diperjuangkan. Mulai dari jam kerja, upah minimum, atau kesetaraan hak & kesempatan di tempat kerja. Belum lagi saat ini ada tantangan tenaga kerja dari luar negeri yang membuat persaingan semakin ketat.

Hal – hal yang merupakan tantangan memang akan terus ada seiring waktu. Tapi tantangan juga bisa menjadi batu loncatan kita untuk memajukan kualitas kita sebagai tenaga kerja maupun sebagai pribadi yang lebih tangguh ke depannya.

Terima kasih atas jasamu – terus semangat, para pekerja Indonesia!

Comments

comments