source: thepeakmagazine.com.sg

Indonesia dengan segala kekayaan budayanya memang tidak terlepas dari kuliner. Yup, makanan adalah bukti keberagamanan bangsa kita yang baru merayakan peringatan hari kemerdekaannya yang ke 72 ini. Cemilan tradisional khususnya yang dibawa dari negeri Tiongkok satu ini siap membuat lidah kamu bergendang dan perut keruyuk. Sudah siap?

  1.   Choi Pan

source: rasamasa.id

Kue legendaris satu ini selalu sukses untuk memberikan kesan nostalgia apalagi buat para perantauan daerah yang menetap di ibu kota, Jakarta. Agak susah memang untuk menemukan kue berisi sayuran ini biasanya disajikan lengkap dengan saus khusus yang terasa sedikit di lidah. Seperti namanya, choi yang berarti sayur dan pan yang berartikan kue, cemilan tradisional ini memang tergolong sehat karena proses pembuatannya yang tidak menggunakan minyak melainkan dikukus atau direbus. Perlu diingat bahwa choi pan mungkin memiliki cita rasa bahkan bentuk yang beragam, tergantung daerah masing-masing. Walaupun demikian, choi pan yang lezat dapat ditemukan di Jakarta, lho. Tepatnya di Super Choi Pan yang berlokasi di Jl. Pademangan III Gang 9, No. 2, Pademangan, Jakarta Utara.

  1.   Ci Cong Fan

source:sportourism

Lagi-lagi nama kue tradisional Chinese berhasil buat lidah kamu berbeli-belit ya? Nah cemilan asal Medan satu ini mungkin sudah umum dijual di Jakarta. Pernah lihat abang bersepeda dengan metal box di bagian belakangnya serta tulisan berwarna merah terang? Merekalah yang berjasa untuk mengenalkan dan mempromosikan makanan tradisional yang lezat satu ini. So tepatnya ci cong fan adalah makanan dengan lembaran tipis yang mirip kwetiauw yang disajikan dengan kecap asin atau manis dan tambahan saos sambal spesial serta taburan bawang goreng yang banyak. Ada pula tambahan ‘topping’ berupa daging cincang atau sayuran untuk meningkatkan cita rasanya. Nah, ci cong fan dapat ditemukan di restaurant Kamseng yang berada di Jalan Mangga Besar I, no. 26, Mangga Besar. Selamat menikmati!

  1.   Kuotie

source:cookinggalerry,blogspot.id

Tidak seperti dua jajanan tradisional Chinese di atas, kudapan satu ini dibuat di penggorengan. Kuotie juga disebut sebagai Jiaozi di negara asalnya yaitu China. Kuotie pada dasarnya adalah daging yang berbalut adonan dari tepung terigu, telur, air dan garam. Kuotie sendiri juga memiliki cita rasa yang kuat karena salah satu bahan yang dominannya adalah bawang putih. Kuotie biasa disajikan saat Hari Raya Imlek untuk membawa keberuntungan di tahun yang baru saat disantap sebagai hidangan pendamping nasi. Nah, kamu bisa mulai cobain satu-satu kuotie enak di Jakarta dan kamu bisa mulai dari Rumah Makan Krekot yang bangga untuk menyajikan Kuotie sebagai signature dishnya sejak 1977 di Jalan Krekot Bunder Raya, No. 14, Sawah Besar .

  1.   Carrot Cake Cah 
source: thepeakmagazine.com.sg

Jangan tertipu dengan namanya yang berbau patisserie, jajanan satu ini merupakan hidangan yang pada umumnya dapat ditemukan di Singapura, biasa dikenal juga dengan nama fried carrot cake atau Chai Tow Kway. Namun di era globalisasi ini tentu bukan suatu hal yang baru jika makanan tradisional juga ikut meramaikan traffic import dan export. Lucunya, meski namanya carrot cake, kudapan ini sama sekali tidak memakai wortel, lho! Terbuat dari campuran lobak dengan tepung kanji beras yang dikukus.Tidak heran tekstur dan bentuknya pun menyerupai Ci Cong Fan yang sudah kita bahas di atas. Pembuatan Carrot Cake sendiri dengan ditumis dengan sayuran dan taburan kecap dan telur untuk menghasilkan aroma yang lezat banget! Carrot Cake sendiri memang sudah jarang ditemukan di Jakarta, tapi Carrot Cake Cah bisa bantuin puaskan BM-nya kamu nih. Kamu bisa nikmati jajanan yang satu ini di ruko dekat Panca Warna, daerah jl. Pangeran Jayakarta, Jakarta Barat!

Jajanan tradisional Chinese memang bisa bawa kamu ke nostalgia zone buat mengenang kenagnan zaman dulu yang sudah jadi bagian masa kecil. Yuk cobain satu-satu di long weekend in. Nah kalo kamu sudah pernah kamu cicipin apa aja nih?

Artikel oleh Filine J.

Comments

comments