source: hummusapien.com

Mendapatkan berat badan idaman mungkin sering terhalang dan gagal karena kita terbiasa mengonsumsi makanan yang berkalori tinggi dan memanjakan lidah. One second on the lips, forever on the hips! Bener gak? Padahal jumlah kalori yang masuk ke tubuh, menentukan banyaknya lemak yang menumpuk, yang menambah angka di timbangan! Kalo belom baca blog GD sebelumnya mengenai tips buat menghilangkan perut buncit, yuk di baca dulu!

Berikut adalah makanan enak yang memanjakan lidah dan baik untuk dikonsumsi buat kamu yang ingin menurunkan berat badan!

1. Telur

source: vemale.com

Telur merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh yang mengandung vitamin A, D, B2, B12, folat, zat besi, zinc dan kolin. Kamu bisa mengkreasikan ide untuk mengonsumsi telur juga, lho. Dari direbus sampai digoreng! Kamu juga bisa bereksperimen dengan menambah potongan brokoli atau sayur lain favorit kamu dan digoreng bersamaan menjadi telur dadar brokoli. Selain enak dikonsumsi, telur dadar brokoli juga mengandung anti oksidan yang mampu membasmi lemak jahat dari dalam tubuh dan tentunya berperan penting sebagai nutrisi anti kanker, lho!

2. Kentang

source: cooking.nytimes.com

Di berbagai daerah, kentang menjadi sumber utama karbohidrat selayaknya nasi di kebanyakan daerah di Indonesia. Kentang sendiri memang menjadi makanan pokok dikarenakan kandungan serat, sumber pati dan vitamin yang baik untuk tubuh. Serat yang terdapat pada kentang berperan dalam membantu proses pencernaan dan membantu menjaga kadar gula, tak heran kentang banyak dikonsumsi oleh penderita diabetes! Kamu juga bisa ikut mengonsumsi kentang sebagai pengganti nasi putih yang mengandung lebih banyak kadar gula. Kreasi kentang sendiri bervariasi dari menjadikannya sebagai mashed potato, sup krim kentang, atau memotongnya menjadi dadu di semangkuk salad buah kamu untuk menambah cita rasa!

3. Selai Kacang

source: delightfulmealmade.com

Selai kacang merupakan teman roti tawar yang sempurna, bukan? Ternyata kandungan dalam dua sendok selai kacang dapat membantu kamu untuk turun berat badan, lho! Cukup dengan mengoleskan selai kacang pada roti gandum kamu, serat yang terkandung di dalamnya dapat membuat kamu merasa lebih kenyang. Jadi selai kacang merupakan teman cemilan kamu yang sehat sebab kandungan kacangnya yang mengandung lemak tak jenuh tunggal yang berperan menjaga kesehatan jantung. Tambahkan selai kacang ke smoothie bowl kamu atau oleskan pada potongan pisang untuk rasa yang absolutely yummy! So, kira-kira kamu ada ide kreasi apa nih untuk si selai kacang?

4. Yogurt

source: nutrizonia.com

Yogurt atau susu fermentasi satu ini memang sudah terkenal baik di kalangan pejuang penurunan berat badan. Memang kandungan serat di dalam semangkuk yogurt sangat baik untuk melancarkan pencernaan dan merontokkan lemak jenuh dalam tubuh kita atau yang disebut juga dengan transfat. Maka dari itu, mulailah perhatikan untuk hanya mengonsumsi yogurt dengan 0% transfat yang biasanya tercantum pada kemasan. Coba juga beralih ke yogurt plain untuk mengurangi kadar gula yang dikonsumsi, ya. Kamu juga bisa bereksperimen dengan menambahkan berbagai salad buah dan biji granola untuk menambah asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, baik sebagai smoothie bowl atau sebagai kudapan sehat.

Berat badan memang hanya angka di timbangan, yang terlebih penting, jagalah pola makan agar tubuh kamu terhindar dari penyakit yang gak diinginkan ya guys! Nah, sejauh ini mana nih makanan favoritmu yang sehat dan enak? Jangan lupa ada banyak kreasi resep sehat yang dapat kamu telusuri lebih lanjut dengan bahan-bahan di atas lho. Selamat bereksperimen!

Artikel oleh Filine J.

Comments

comments