source: askideas.com

Waktu masih sekolah sampai kuliah, keadaan keuangan kamu and the genk mungkin kurang lebih hampir sama. Tapi beranjak dewasa, pendapatan kalian bisa saja berbeda jauh. Mungkin kamu memilih pekerjaan yang berjiwa sosial atau sedang full time melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, sedangkan karir temanmu sudah ada di puncak gunung. Nah, gaya hidup yang berbeda bisa saja memengaruhi pertemananmu. Tapi dengan solusi yang tepat, kamu bisa tetap kompak sama teman segenk mu tanpa harus terbawa gaya hidup di luar batas kemampuan ekonomimu, atau merasa minder.

1. Jangan Ikut-Ikutan

source: scarymommy.com

“Gue baru ganti handphone iPhone X nih!” dan sekonyong – konyong kita langsung jadwalin buat beli juga. Nahh, ini nih yang namanya pertemanan yang maksa. Kalau teman kita mampu untuk beli hp baru, bukan berarti kita harus beli juga dong? Jika memang temanmu mampu / mau untuk mengorbankan uangnya untuk gadget, plesir, atau mobil baru, bukan berarti kamu juga demikian. Tetap pada pengeluaran yang membuat kamu nyaman dan tidak terpengaruh oleh kehidupan orang lain. It’s your life to deal with!

2. Jujur

source: i.pinimg.com

Ingat, dalam pertemanan komunikasi itu penting. Jika kamu jujur dengan keadaanmu, yang namanya teman sejati gak bakal meninggalkan kamu hanya karena kamu ga bisa selalu ikut makan ala – ala bareng mereka. Kalau kamu tidak bisa ikut kumpul yang fancy, kamu bisa usulkan kegiatan ngumpul yang gak harus mahal dan tetap bisa asik bareng. Misalnya usulkan ngopi bareng di kafe murah langgananmu, makan di resto yang lagi promo atau potluck bareng, usul jogging bareng di tempat umum, atau pajamas party. Jika kamu mengusulkan pilihan dan ga langsung menolak ajakan mereka, mereka akan mengerti kalau kamu peduli dan mau menghabiskan waktu bareng, walau tidak selalu mampu sesuai keinginan mereka. Ihiyy~

3. Menabung untuk ‘Berfoya – Foya’ Sesekali

source: atmedia.imgix.net

Jika teman – temanmu mengajak liburan bareng dan kamu betul – betul ingin pergi juga, jangan langsung ditolak. Mulailah menabung budget plesiranmu dan jadikan prioritas yang cukup tinggi. Tidak apa – apa jika sesekali kamu menggunakan tabunganmu untuk bersenang – senang dan refreshing dengan teman – temanmu. Kamu juga bisa mendapat pengalaman berharga dalam perjalanan bareng sahabat – sahabatmu kan? Mulai atur keuanganmu supaya kamu ga kelabakan meski keluar uang lebih untuk travel. Baca: Tips mengatur keuangan pribadi.

6. Minimalisasi Pengeluaranmu

source: comedycentral.co.uk

Kalau hangout bareng temanmu berpotensi menghabiskan biaya yang tidak sedikit (baca: MEVWAH), tinggalkan kartu kreditmu di rumah dan bawa secukupnya yang sanggup kamu gunakan. Pikirkan cara untuk minimalisasi pengeluaranmu. Makan sebelum kamu pergi ke restoran, nah di restoran kamu bisa spend untuk menu yang lebih murah untuk makanan utamamu. Yang penting quality timenya, ‘tul?

Sumber artikel :  Budget Without Blowing Off Your Friends By Amy Fontinelle

 

Comments

comments