Yeiii, 2021! Melewati tahun 2020 yang gak biasa dan gak disangka-sangka ya guys! Pandemi merajalela bikin kita was-was untuk pergi keluar dan gak senyaman dulu untuk cipika-cipiki atau ngumpul bareng orang-orang tersayang, memang bukan waktu yang menyenangkan. Tapi, selamat!! Kamu sudah berhasil melewati tahun yang penuh tantangan, dan saatnya untuk melangkah menghadapi tahun yang baru!

Tahun Baru, Semangat Baru!

Supaya kita bisa menjalani tahun ini dengan lebih baik, yuk simak beberapa tips dari kita~

1. Jangan Lupa Bersyukur

image source: cdn.powerofpositivity

Yup, 2020 bukanlah tahun yang mudah. Pandemi, masalah ekonomi, ruang gerak yang terbatas, belum lagi kerja/kuliah/sekolah kudu dari rumah. Tahun ini pun kita tidak tahu akan seperti apa. Tapi ingat, selalu ada hal yang bisa kita syukuri yang akan mendorong semangat kita menghadapi hari baru.

Buat daftar hal-hal yang kamu syukuri yang terjadi di tahun 2020. Hal yang tampak biasa seperti bisa bangun pagi dan bernafas lega, tampaknya sekarang bukan hal yang remeh lagi ya guys? Jadikan bersyukur ini pun bagian dari gaya hidup kamu supaya saat menghadapi kesulitan, kita ga akan cuma mengeluh, tapi tetap punya harapan dan daya juang untuk menghadapinya!

2. Kreatif Berkomunikasi

image source: thespruceeats

Physical distancing memang salah satu kunci untuk mencegah penyebaran pandemi, tapi kita gak bisa menyangkali kalau sebagai manusia, kita tetap butuh yang namanya hubungan sosial. Dan hal ini memang gak membatasi kita untuk bisa mendalami relasi satu sama lain, kan? Justru kita akan lebih menghargai kesempatan tatap muka yang sekarang susah untuk didapati. Lebih dari itu, kita bisa lebih kreatif dalam berkomunikasi menyampaikan perhatian kita satu sama lain walau terpisah jarak sekalipun. Misalnya:

  • Bisa ketemu sama temen-temen yang biasanya harus macet berjam-jam, sekarang bisa lewat video call di rumah masing-masing.
  • Saling kirim-kirim makanan/minuman (pesen online atau homemade)! Bisa jadi kejutan manis buat orang-orang tersayang.
  • Main game online bareng sambil con-call, serasa balik ke jaman sekolahan ngumpul di warnet bareng ya kann.
  • Makan bareng secara virtual! Janjian untuk makan malem di jam yang sama sambil video call. Tetep have fun walau jaga jarak!
  • Banyak lagi keseruan walau ga ketemu langsung! Ayo berkreasi~

3. Manfaatkan Waktu Lebih di Rumah

image source: myconnect

Selain marathon drakor atau Netflix-an, banyak juga kegiatan lain yang bisa kamu mulai di rumah. Kalau dicari-cari banyak banget lho kegiatan yang selama ini mungkin gak kepikiran!

  • Dekorasi ulang interior rumah / kamar
  • Olahraga seperti yoga / cardio
  • Masak, baking
  • Baca buku / artikel
  • Bikin handcraft lucu
  • Quality time bareng orang rumah
  • Menulis blog pribadi
  • Belajar skill baru lewat online
  • Pelihara tanaman hias
  • dll

4. Refleksi dan Evaluasi Diri

image source: yie6bdja5y-flywheel.netdna-ssl

Banyak melewatkan waktu di rumah, biasanya kita lebih punya waktu tenang di tengah kesibukan kita yang biasanya. Kita bisa mulai mengevaluasi apa saja yang sudah kita lakukan selama 1 tahun belakang. Jika ada yang baik, bisa kita tingkatkan di tahun selanjutnya. Jika ada yang masih kurang, kita coba perbaiki. Akan lebih baik juga kalau ada teman dekat yang bisa kita percaya atau mungkin pasangan kita untuk diajak diskusi bareng, saling mengoreksi dan saling menyemangati.

Setelah evaluasi, kita juga bisa set goals yang ingin kita capai di tahun ini dan langkah-langkah konkrit yang bisa kita praktikan sehari-hari. Dengan adanya goals ini bisa memotivasi kita juga untuk tetap maju!

5. Mulai Mengatur Keuangan!

image source: joann.com

Di saat ekonomi sulit seperti ini, perlu banget untuk kita mulai mengatur keuangan kita sebijak-bijaknya. Siapkan dana darurat dan coba cari cara untuk menambah pendapatan. Kurangi pengeluaran-pengeluaran yang tidak esensial dan jangan lupa, sediakan juga budget untuk memberi karena kita perlu saling membantu juga di tengah keadaan sulit ini. Jangan takut kekurangan karena memberi; perbuatan baikmu pasti gak akan sia-sia :).

Baca juga :

Tips Mengatur Keuangan Pribadi

Tips Mendapatkan Penghasilan Tambahan Selama di Rumah Aja

6. Jaga kesehatan

image source: i.pinimg

Yang satu ini tentu gak boleh lupa ya. Jaga kesehatan mulai dari pola makan, istirahat, dan gerak badan. Jaga protokol kesehatan dan keluar rumah seperlunya (standby masker dan hand sanitizer di tiap tas!). Penyakit tidak cuma COVID guys, jaga jesehatan itu wajib banget. Gak cuma secara fisik, perhatikan juga kesehatan mentalmu ya. Sharing masalahmu dengan orang terpercaya dan berdoa selalu.

Tahun Baru, Harapan Baru!

image source: images.theconversation

Bagi yang sedang sulit dalam perekonomian, kesehatan, sosial dan lainnya, pasti akan ada masa di mana semua berlalu dan kita bisa melewati semua ini. Walau para ahli berpendapat situasi belum akan kembali normal dalam waktu dekat, jangan berkecil hati guys. Lakukan apa yang bisa kita lakukan sebaik mungkin, dan terus saling menyemangati satu sama lain.

Semoga tips-tips di atas bisa membantu kamu untuk lebih siap menghadapi tahun ini ya guys. Hadapi 2021 dengan senyuman!

Comments

comments