source: pbs.twimg.com

Di artikel sebelumnya tentang mengatur keuangan pribadi, kita dah tahu nih pentingnya budg-et-ing! Banyak banget kiat menyusun budget yang ada di internet seperti rule 50-30-20, Rules of Thumb, dan sebagainya. Tapiii yang mana yang paling pas untuk kamu? Kalau kamu bingung gimana buat budget yang pas, Tim GD punya beberapa prinsip yang bisa kamu kembangkan untuk mulai budgeting nih.

Let’s Start.. Now!

  1. Diatur Sebaik Mungkin

modified image from: thepracticalsaver.com

Bagi budget ke beberapa kategori dan urutkan sesuai prioritas. Misalkan, tagihan yang harus dibayar (listrik, air, sewa), keperluan bulanan (transport, pulsa, makanan pokok), tabungan (simpanan jangka panjang, untuk pensiunan, asuransi, dst), untuk fun (jalan – jalan, shopping), dan lainnya (untuk disumbangkan, biaya tak terduga, etc). Jangan terburu – buru dalam menyusun budget. Pikirkan baik – baik sesuai dengan kebutuhanmu.

  1. Sesuaikan Dengan Prioritasmu

modified image from: i.pinimg.com

Untuk menyusun budget, tentunya kamu harus mencatat semua pendapatan rutinmu. Hal ini untuk mencegah pengeluaran yang membengkak. Jika budgetmu hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok, kurangi budget untuk hal yang bisa dipenuhi belakangan, misalkan untuk beli baju baru atau untuk jalan – jalan. Self-control is a must! Jangan sampai menyesal nantinya, lho!

Pertimbangkan juga memotong budget yang bisa dikurangi. Misalkan mengganti langganan TV kabel dengan nonton online atau biaya beli makan siang diganti dengan membawa bekal dari rumah.

  1. Jangan Terlalu Kaku

source: mlrowland.files.wordpress.com

Stick to the budget itu bagus banget, tapi yang namanya hidup ya penuh dengan hal yang ga tentu, bener gak? Ada saatnya di mana kita perlu mengeluarkan uang yang tidak sesuai dengan rencana kita, atau ada teman yang membutuhkan bantuan kita dan kita memang mampu untuk membantu. Selain itu, sesekali self reward itu juga perlu loh, sedikit ‘jajan’ untuk membuat dirimu happy juga jangan terlalu ditahan sehingga bikin kamu stress.

  1. Konsisten

source: pbs.twimg.com

Susun budget memang bikin jidat mengkerut pada awalnya. Tapi jika untuk kebaikan diri sendiri, gak ada salahnya untuk terus dicoba kan? Mungkin kita gak langsung bisa menyusun budget yang sempurna. Yang penting kita mau terus belajar dan bersabar. Jangan lupa untuk mengupdate pengeluaran/pemasukkanmu untuk mengevaluasi budgetmu di bulan selanjutnya. Percaya kalau usaha kamu pasti ada hasilnya, yang bakal bikin dirimu di masa depan berterimakasih sama kamu!

moonshineink.com

Kalau inget lagu Dor*emon, bener banget tuh liriknya. Manusia selalu ingin ini, ingin itu, banyak sekali~ Sayangnya, there’s no such things kayak kantong ajaib. Terkadang kita gak selalu mampu mendapatkan semua yang kita inginkan, bukan? Begitu pula halnya saat menyusun budget, kita harus sesuaikan dengan gaya hidup kita, bukan gaya hidup orang lain! Tidak perlu iri dengan orang yang bisa punya budget untuk keliling Eropa. Bersyukur untuk apa yang kamu punya: enjoy little things in life! Dan.. be wise dalam menyusun masa depanmu ya, sobat GD!

Ada tips & trik untuk budgeting yang oke menurut kamu? Yuk berbagi di komen di bawah!

Comments

comments