Saat ini banyak banget berita mengenai Rupiah yang lagi lemah dan Dollar yang lagi meroket. Ada yang takut krisis ekonomi, ada yang berpendapat mata uang negara – negara lain juga lagi turun, ada yang nuduh salah si ini atau si itu, ada yang panik, ada juga yang tenang – tenang aja. Masih buanyak lagi yang dibicarakan soal Rupiah saat ini.

Nah, daripada ributin ekonomi yang lagi galau aja, mending kita sama – sama lakukan apa yang bisa dilakukan sebagai masyarakat. Walau terlihat sepele, kalau kita bersatu pasti akan berdampak loh guys!

1.Tukar Dollar ke Rupiah

source: aceh.tribunnews.com

Kalau kamu lagi menyimpan uang Dollar, sekarang saatnya tukar ke Rupiah! Mungkin ada pertimbangan ‘nanti aja pas dollar lebih tinggi, jadi lebih untung’. Tapi kalau dollar lebih tinggi lagi, justru pertanda buruk untuk ekonomi kita sendiri ke depan. Masa kita menunggu ekonomi terpuruk baru mau tukar? Apa ngga terlambat?

Justru kalau kita Dollar yang kita punya, kita membantu meningkatkan nilai Rupiah dan menurunkan Dollar, kita akan lebih untung saat kita mau menukarnya lagi kemudian hari. Memang sih, efeknya tidak terasa langsung. Tapi perlahan namun pasti, kita – kita juga yang merasakan hikmahnya kalau Rupiah jadi mata uang yang kuat,’tul?

2. Beli Produk Lokal

source: milamili.com

Buat kamu yang biasanya suka belanja fashion atau kosmetik, mulailah lirik brand – brand lokal. Atau kamu sering makan di restoran franchise luar negeri, coba kurangi dan nikmati sedapnya nasi padang dekat rumah.

Seperti slogan iklan yang mungkin sering kita dengar di televisi : “Cintailah produk – produk Indonesia!” sambil ngacungin jempol kita. Banyak kok karya anak Indonesia  yang ga kalah beken dengan merek luar negeri !

3. Menunda Pembelian Barang Import yang Kurang Mendesak

2.bp.blogspot.com

Kalau laptop, Handphone atau mesin cuci kamu masih berfungsi dengan baik, tahan godaan untuk beli yang baru. Bisa diakui kalau barang elektronik dan gadget saat ini masih dikuasai produsen luar negeri. Jadi, ada baiknya kita tahan dulu keinginan kita untuk beli produk – produk tersebut jika masih belum mendesak. Lagipula dengan tingginya Dollar, so pasti barang – barang import akan lebih tinggi harganya. Nah, dengan menunggu rupiah menguat, otomatis nanti kamu bisa beli dengan harga yang lebih murah.

4. Tingkatkan Wisata di Dalam Negeri

source: traveltodayindonesia.com

Danau Toba, Karimun Jawa, Gunung Bromo, Tanjung Lesung, Raja Ampat. Itu hanya segelintir tempat wisata yang bisa banget jadi tempat liburan kita. Percaya deh, ga akan habis walau kita jalan – jalan terus tiap bulan.

Selain indah luar biasa, lebih hemat, dan bisa meningkatkan devisa negara. Banyak banget manfaat yang bisa didapat kalau kita berwisata di dalam negeri loh guys. Apalagi, banyak orang dari luar negeri datang ke sini untuk mengagumi keindahan negara kita. Masa kita sendiri gak menikmatinya? Yuk sama – sama jelajahi nusantara!

Salah satunya kamu bisa lihat rekomendasi tempat wisata di Bandung nih guys.

5. Saatnya Lebih Produktif

Masing – masing pekerjaan kita, baik itu dalam suatu perusahaan atau pekerja lepas, mari sama – sama melakukan yang terbaik dalam pekerjaan yang kita punya. Apalagi kalau tempat kita bekerja adalah perusahaan lokal, atau bagi kamu yang berwirausaha. Jangan mau kalah dengan perusahaan atau tenaga kerja asing. Kita bisa tunjukkan kalau bisnis di Indonesia juga punya banyak potensi di kancah dunia internasional!

Ayo Bersatu!

Untuk membangun suatu negara, tentunya dibutuhkan masyarakat yang mau maju ke arah yang lebih baik. Tidak hanya melulu mengritik pemerintahan atau orang lain, tapi mulai perubahan itu dari diri sendiri. Nah, saatnya kita melakukan bagian kita masing – masing!

Yuk #BersatuUntukRupiah!

Comments

comments