source: netmola.com

Tidak usah diragukan lagi, untuk sebagian besar orang, pria maupun wanita (especially ladies), belanja bukan lagi sekedar membeli kebutuhan sehari – hari. Belanja alias shopping sudah menjadi hobi, bahkan gaya hidup. Belanja baju, buku atau kulineran sekarang sudah gampang banget. Selain pergi ke mall, kamu bisa belanja online sambil bersantai di rumah. Bahkan terkadang kita belanja tanpa berpikir dulu alias kebablasan dan lupa waktu, right? Tapi, apa sih sebenernya yang membuat kita “ketagihan”? Well, let’s find out!

  1. Serasa Bertualang

source:rebloggy

Bertualang? Yup!! Sadar atau tidak, bagi sebagian kita, shopping bagaikan bertualang di dunia serba baru. Melihat produk baru di etalase, mengunjungi mall atau kafe baru dan mencoba menu baru, serta musik dan mood yang mendukung menjadi pengalaman yang membuat kita merasakan sensasi petualangan.

  1. Waktunya Sosialisasi

source:pinterest

Shopping juga menyenangkan karena kebersamaannya. Mengunjungi toko atau sekedar makan-ngopi bareng menjadi salah satu pilihan terfavorit untuk quality time bareng teman dan keluarga. So, jangan heran kalau sekarang ini restoran dan kafe menjamur di mana-mana. Shopping membuat kita semakin kenal satu sama lain. Kita bisa tahu kebiasaan, kesenangan, selera atau hobi seseorang saat berbelanja, yang bisa membuat hubungan semakin erat pula.

  1. Melepas Stress

source: netmola.com

Percaya atau tidak, shopping membuat rileks. Sebagian dari kita pasti pernah jalan-jalan untuk sekedar melepas stress atau pelarian, atau membeli hadiah buat pencapaian diri sendiri. Studi menunjukkan bahwa 28% shopper membeli sesuatu untuk merayakan suatu pencapaian pribadi / event khusus. Sedangkan 62% untuk menghibur diri atau meningkatkan mood. Tampaknya uang memang dapat membeli kebahagiaan ya, walau hanya untuk sementara.

Baca juga: Tips Weekend Gaya #HappyApaAdanya

  1. Saatnya Penelitian

source: fourteenprincess.com

Bagi para trendsetter, shopping sudah pasti jadi kebutuhan untuk tahu apa yang lagi in sekarang ini. Sekedar melihat-lihat tidak jadi masalah, yang penting tidak ketinggalan fashion yang terbaru. Shopping sudah bagaikan laboratorium atau perpustakaan untuk peneliti-peneliti fashion nih!

  1. Tanda Sayang

source:legoland

Seperti kata pepatah, memberi lebih baik daripada menerima. Sama halnya dengan shopping, ada kesenangan tersendiri saat belanja bagi orang lain. Kita merasa senang memilih – milih kado untuk orang tersayang, baik untuk keluarga, teman, dan (ehem) pasangan sebagai tanda kasih kita ke orang tersebut. So sweet!

  1. Tantangan!

source:tribunnews.com

Untuk diskon hunter, shopping seperti tantangan atau game untuk dimenangkan. Apalagi jika harga yang ditawarkan menggiurkan, bakal rela antri berjam-jam seperti diskon Nike up to 90% di salah satu mall di jakarta kemarin ini. Mendapatkan barang mahal dengan harga yang lebih murah bisa menjadi salah satu pencapaian yang memuaskan. Untuk alasan yang satu ini, Get Diskon siap banget nih untuk membantu kalian!

Seperti yang dibahas di atas, shopping memang memiliki kesenangan tersendiri. Tetapi, seringkali kesenangan dalam shopping tidak seperti yang dibayangkan. Dikutip dari The Journal of Consumer Research, “Wanting things makes people happier than actually having them” atau “menginginkan sesuatu membuat orang lebih bahagia daripada memilikinya”. Buktinya, tak jarang setelah kita berhasil membeli sesuatu, kita tidak merasa lebih senang ketimbang ketika kita memikirkan barang yang kita incar. Atau lebih tepatnya, rasa senang pengalaman saat shopping lebih besar dan bertahan lebih lama dibandingkan setelah membeli sesuatu.

“WANTING THINGS MAKES PEOPLE HAPPIER THAN ACTUALLY HAVING THEM.”

So, sobat GD, sudah tahu kan kenapa kita seneng banget shopping? Tapi ingat, bukan soal selalu membeli barang, tapi yang lebih seru justru pengalaman dari shopping itu sendiri ya. Jadi ga ada salahnya bertahan dengan apa yang kita punya, and enjoy the essence of shopping, guys! Kalau kamu, yang mana yang membuat shopping feels so special?

Sumber : CNN.com & psychologytoday

Comments

comments